Membuat Tipografi 3D Membumi Dalam Photoshop
Membuat Tipografi 3D Membumi Dalam Photoshop
Tutorial ini pertama kali diterbitkan di bulan September 2011 sebagai tutorial Tuts+ Premium. Sekarang ini dapat dilihat secara bebas. Walaupun tutorial ini tidak menggunakan versi terbaru Adobe Photoshop, teknik-teknik dan prosesnya masih relevan.
Di dalam tutorial hari ini kami akan mendemonstrasikan bagaimana
membuat tipografi 3D membumi dengan menggunakan tool 3D Photoshop.
Apakah kamu menyukai efek teks yang terinspirasi alam? Buat efek sendiri secara cepat dengan mengunduh salah satu Photoshop Actions menakjubkan kami dari GraphicRiver. Atau daftarkan sebuah bantuan profesional desain dari Envato Studio untuk semua kebutuhan tipografimu.
Aset-Aset Tutorial
Aset-aset di bawah
digunakan selama pembuatan tutorial ini. Salah satu tautan ini telah
diperbaharui jadi silahkan gunakan sendiri stock-mu.
1. Bagaimana Membuat Teks 3D
Langkah 1
OK mari kita mulai; jika kamu memiliki beberapa pengetahuan
tool 3D dalam Photoshop kamu tahu bahwa ini sangat mudah, jika tidak,
kamu akan menemukan hal tersebut; sebuah hal yang sangat mudah untuk
dilakukan. Mari buka gambar stock bagus ini yang telah saya pilih untuk
pekerjaan kita.
Sekarang pilih Text Tool dari tool bar.
Pilih warna abu-abu medium/muda sederhana untuk teks.
Saya memilih font ini, namun jika kamu tidak memilikinya cukup pilih
yang lainnya yang tersedia dalam sistemmu; saya lebih menyukai font
tebal untuk ini.
Untuk font Helvetica ini saya memilih 110 untuk Size, namun itu bervariasi antar font.
Kemudian lanjutkan ke menu 3D Menu dan pilih Repousee- TextLayer.
Di dalam kotak dialog yang muncul, pilih preset bentuk yang ditunjukkan dan sesuaikan pengaturan yang ditentukan. 3D Tools merupakan
peralatan yang cukup menguras, jadi tergantung pada sistemmu kamu
mungkin harus menunggu sejenak untuk tiap tahapan, sabar saja.
Sekarang kita juga akan menggunakan 3D Widget yang
tampak pada sudut kiri atas pada gambar. Widget ini memiliki tiga panah
untuk mengendalikan obyek 3D dalam tiga sumbu terpisah, dan tiap panah
memiliki tiga handel berbeda yang menjalankan tiga tugas berbeda seperti
yang ditunjukkan di sini, untuk Rotating, Moving, dan Scaling. Akrabkan dirimu dengan kendali ini sehingga kamu dapat menyelesaikan semua tahapan dengan mudah.
Sekarang dengan menggunakan widget, posisikan ulang teks dengan
sedikit perspektif seperti yang ditunjukkan di sini. Inilah dia kita
sekarang mempunyai teks 3D yang dapat kita kerjakan dengan layer
terpisah di dalam Photoshop.
2. Bagaimana Membuat Pencahayaan dan Tekstur
Langkah 1
Sekarang waktunya untuk sedikit menyesuaikan cahaya jadi mari terlebih dahulu memilih Infinite Light 1 dan pilih 3D Light Rotate Tool.

Langkah 2
Sekarang cahaya tidak terbatas memiliki widget serupa dengan widget 3D, namun hanya memiliki handel pemutar.

Mari gunakan handel ini untuk Rotate cahaya
seperti yang ditunjukkan di sini; juga merupakan ide yang bagus untuk
mengakrabkan dirimu dengan widget ini dan bagaimana itu mempengaruhi
obyek 3D.


Langkah 3
Sekarang mari lanjutkan ke material untuk huruf, jadi pilih material pertama dan dari icon folder pilih Load Texture.

Pilih tekstur ini dan klik OK.

Sekarang sesuaikan U Scale dan V Scale seperti yang ditunjukkan di sini.

Sekarang huruf-huruf dibagi dalam bagian seperti yang dapat kamu lihat di sini yang memiliki tekstur terpisah.

Langkah 4
Sekarang kita memerlukan sebuah tekstur untuk Bump Channel jadi pilih Load Texture untuk bump.

Dan
pilih tekstur ini yang telah saya siapkan untukmu, yang hanya merupakan
versi hitam putih dari tekstur yang sama dengan kontras yang
ditingkatkan
.

Sekarang kita perlu menyesuaikan Scale sehingga itu cocok dengan tekstur warna.

Kemudian Tingkatkan Bump Level menjadi 5.

Langkah 5
Sekarang kita selesai dengan material jadi mari Save itu dengan memilih material baru; beri nama atau biarkan seperti itu.

Sekarang mari membuatnya mudah dan Load material yang disimpan untuk seksi selanjutnya.

Sekarang setelah kita menetapkan material di dalam semua bagian mari sesuaikan sedikit pencahayaan. Disable cahaya kedua dan Tingkatkan Intensity menjadi 1.5

Langkah 6
Sekarang kita perlu melakukan Rotate cahaya seperti
yang ditunjukkan di sini untuk membuat tekstur tampak pada kondisi
terbaik, namun kamu mungkin ingin bereksperimen dan memilih pengaturan
yang berbeda.



3. Bagaimana Memisahkan Obyek 3D
Langkah 1
Kita sekarang akan mengubah obyek dari sebuah kata menjadi
huruf terpisah yang dapat kita sesuaikan secara manual. Namun
pertama-tama mari Tingkatkan Bump dalam tiap material menjadi 7 untuk meningkatkan efek tekstur tonjolan.

OK sekarang pergi ke 3D Menu dan pilih Split Repousse Meshes.

Langkah 2
Sekarang apa yang kita dapatkan adalah mesh yang terpisah untuk tiap
huruf, dan masing-masing memiliki tekstur terpisah, namun karena kita
sebelumnya memberikan tekstur pada kata kita tidak harus mengerjakan
tiap huruf. Juga sekarang untuk Moving dan Rotating tiap huruf kamu sekarang harus memilih Mesh Rotate Tool alih-alih Object Rotate Tool.

Jadi mari mulai dengan huruf E jadi Pilih itu di dalam daftar. in the list.

Langkah 3
Mesh Control Widget sama dengan Object Widget jadi
kamu hendaknya dapat menyesuaikan posisi dalam cara yang sama. Untuk
huruf E, saya menyesuaikan seperti yang ditunjukkan di sini.



Ini adalah rotasi hasil yang saya punya untuk huruf saya, namun seperti biasa kamu mungkin lebih memilih posisi yang berbeda.

Langkah 4
Saya juga Menurunkan sedikit huruf seperti yang ditunjukkan di sini dengan menggunakan handel Panah
.


Langkah 5
Sekarang lakukan yang sama untuk tiap huruf dengan Memilih itu dari daftar scene dan Posisikan itu
sesukamu hingga pas dengan gambar. Berikut bagaimana saya memodifikasi
tiap huruf saya, dan kita telah menyelesaikan tahap ini.




4. Bagaimana Memperbaiki Pencahayaan dan Mengubah ke Smart Object
Langkah 1
Pada titik ini sebelum melanjutkan, kita akan secara cepat
menyesuaikan cahaya sedikit dan mengubah layer 3D menjadi sebuah smart
object. Jadi lanjutkan Klik kanan pada layer dan pilih Convert to Smart Object.

Langkah 2
Untuk mengakses layer 3D cukup Double-click pada layer Smart Object yang baru.

Kamu
akan mendapatkan kotak peringatan dari Photoshop saat memasuki smart
object. Kita melakukan ini karena dua alasan, pertama sebuah layer 3D
tidak dapat digunakan dengan mask yang akan kita gunakan dan juga
mengubah itu ke sebuah smart object mengurangi kompleksitas persyaratan
ram dokumen
.

Langkah 3
Setelah kamu berada di dalam 3D smart object kamu dapat melanjutkan
editing semua pengaturan untuk obyek 3d. Pada titik ini pilih Infinite Light 1 dan pilih Rotate Tool.

Rotate sedikit cahaya seperti yang ditunjukkan di sini untuk mendapatkan penerangan yang lebih baik pada keseluruhan huruf.

Ini
adalah bagaimana cahaya sekarang mempengaruhi obyek kita, namun kamu
mungkin memilih posisi yang sedikit berbeda, yang mana OK namun ingatlah
dimana cahaya muncul pada gambar kita.

Langkah 4
Segera setelah kamu selesai cukup Save Smart Object dan perubahan akan diperbaharui di dalam dokumen utama.

Kamu akan mendapatkan smart object memperbaharui Progress Box dan kemudian kamu akan melihat hasil di dalam gambar.


5. Bagaimana Memperbaiki Bayangan
Langkah 1
OK sekarang setelah kita menyesuaikan semuanya di dalam area
3D, kita akan melanjutkan dengan lebih banyak teknik tradisional
Photoshop; mari membuat sebuah Mask untuk layer teks kita.

Dan pilih Blocky Brush standar dari Photoshop ini.

Sekarang mari lakukan Mask garis
tepi pada huruf seperti yang ditunjukkan di sini, untuk menekankan
penampakan batu pada potongan tekstur dalam beberapa ketidaksempurnaan
pada tepi.

Kita akan Melukis Mask ini
dengan mengikuti fitur dalam tekstur batu dan juga pada bagian bawah
yang mempertimbangkan aliran air seperti yang ditunjukkan di sini.

Langkah 2
Sekarang lanjutkan melakukan Masking tepi huruf lainnya seperti yang ditunjukkan di sini.



Langkah 3
Sekarang di bagian atas mari membuat layer Levels dan sesuaikan itu seperti yang ditunjukkan di sini.

Sekarang
ini akan memiliki sebuah efek penggelapan yang kuat; namun kita hanya
akan menggunakan itu di dalam area terpilih jadi lanjutkan dan Fill pada Mask dengan warna hitam sehingga itu semua tersembunyi.

Langkah 4
Jadi sekarang setelah kita mengisi mask dengan warna hitam kita akan melakukan Mask dalam efek penggelapan; jadi pilih Brush Tool dan ubah warna menjadi putih.


Langkah 5
Kita akan menggunakan Blocky Brush yang sama namun Reduce pada Size menjadi sekitar 28px

Sekarang kita akan meningkatkan bayangan di dalam area yang berbayang jelas pada huruf kita seperti yang ditunjukkan di sini.

Dan
lanjutkan dengan tiap huruf seperti yang ditunjukkan. Kamu dapat
melihat secara langsung bagaimana ini membantu menata huruf pada gambar.

6. Bagaimana Menambahkan Vegetasi
Langkah 1
Waktunya untuk menambahkan beberapa vegetasi dan lumut pada
huruf-huruf kita jadi kita membentuk detail yang kita perlukan sehingga
itu lebih cocok dengan gambar. Kita akan melakukan ini dengan cara yang
mudah menggunakan Clone Tool.

Mari tetap gunakan Blocky Brush namun Reduce pada Size menjadi sekitar 3px.

Sekarang mari aktifkan semua pengaturan ini di dalam palet Brush dengan Pen Pressure diaktifkan untuk semua


Kemudian kita akan memerlukan sebuah New Layer sebagai tujuan pekerjaan klon kita.

Namun sumber klon kita akan berasal dari gambar dasar itu sendiri, jadi Select layer dasar dan Select sumber klon seperti yang ditunjukkan.


Langkah 2
Kemudian pilih New Layer kembali dan mulai melukis dengan Clone Tool untuk menambahkan beberapa vegetasi dan detail lumut pada bagian atas huruf batu.


Sebanyak yang kamu butuhkan, kembali ke layer dasar untuk memilih sebuah Clone Source baru; namun jangan lupa untuk kembali ke New Layer untuk menerapkan itu.

Lanjutkan
dengan semua huruf seperti yang ditunjukkan di sini, tentu saja ini
adalah langkah yang sangat personal sehingga hasilmu mungkin berbeda
dari ini.

Pastikan untuk mengikuti struktur batu dari tekstur dan jangan berlebihan dalam mengklon lumut.

7. Bagaimana Memberi Sentuhan Pada Air
Langkah 1
Sekarang mari berikan sentuhan pada air sehingga itu cocok dengan huruf-huruf baru; Jadi untuk ini buat sebuah New Layer.

Kita akan tetap menggunakan 44 Blocky Brush namun Mengurangi pada Size menjadi hanya 2px.

Langkah 2
Lakukan Sample warna jernih dari air itu sendiri dan Paint sedikit aliran di sini yang menunjukkan air mengalir melalui dua huruf ini.

Kemudian pada bagian belakan huruf E juga lakukan Paint beberapa arus kecil yang menunjukkan air mengalir keluar dari bagian belakang huruf ini.

Lakukan Paint yang sama di antara dua huruf lainnya.

Dan terakhir, apa yang saya kira sebagai detail yang sangat penting, beberapa air keluar dari lubang di dalam A.

Langkah 3
Sekarang lakukan Sample sebuah hijau muda dari gambar seperti yang ditunjukkan di sini.

Dan tambahkan sedikit hijau pada apa yang telah kita lukis di dalam A seperti yang ditunjukkan.

Langkah 4
Kemudian ambil sampel hijau yang lebih tua.

Dan lukiskan di tempat ditunjukkan di sini.

OK bagus, sekarang kembali ke sampel yang hampir putih.

Dan lakukan sentuhan pada arus kecil seperti yang ditunjukkan di sini.

Langkah 5
Dan lanjutkan membuat detail pada bagian air lainnya yang membuat aliran lebih nyata.

Pastikan kamu mencoba mengikuti kelanjutan aliran air dan membuat pusaran seperlunya.

Dan inilah dia, ini apa yang semestinya kita miliki sejauh ini, dimana arus tampak merangkul tepi tiap huruf.

8. Bagaimana Melakukan Penyesuaian Dengan Adjustment Layer
Langkah 1
Sekarang mari tambahkan beberapa layer untuk membuat gambar
keseluruhan tampak lebih dramatis dan intim. Pertama-tama mari kerjakan
layer Levels dan sesuaikan itu seperti yang ditunjukkan di sini.

Sekarang pilih Soft Brush besar sekitar 400px.

Langkah 2
OK pada layer Levels kamu menyadari itu menggelapkan
gambar keseluruhan, namun kita perlu memoles dalam mask dengan warna
hitam untuk melewatkan beberapa cahaya seperti yang ditunjukkan di sini.

Cukup mudah sekarang buat Black and White Adjustment Layer, atur itu ke Multiply dan Reduce Opacity sedikit.

Sesuaikan pengaturan dalam B&W Layer seperti yang ditunjukkan di sini.

Kamu
dapat melihat layer baru ini menyediakan kita dengan sedikit lebih
banyak kegelapan namun yang lebih penting lagi mood yang kuat pada
gambar.

Namun sekali lagi kita hanya ingin layer ini mempengaruhi begitu banyak pada gambar jadi kita akan melakukan Mask pada semua dengan soft brush seperti yang ditunjukkan di sini, dan tentu saja ubah ukuran brush sesuai kebutuhan.

9. Bagaimana Menambahkan Pewarnaan Pada Air
Langkah 1
Hanya sebuah penyesuaian singkat, saya benar-benar tidak
menyukai tampilan air hijau jadi saya memutuskan untuk membuatnya lebih
kebiruan, jadi mari buat sebuah layer Photo Filter untuk ini dengan pengaturan sebagai berikut.

Kita tidak menginginkan efek ini dimanapun selain air jadi mari kita isi Mask dengan hitam sehingga itu menghilang.

Jadikan Soft Brush sekitar 52 px.

Dan dengan putih mulai lakukan Masking dalam tonal biru tone dari cooling filter.

Langkah 2
Tentu saja Kurangi Brush Size jika perlu untuk dilakukan pada tempat yang tepat.

Pastikan untuk membatasi Mask hanya pada air dan ini adalah apa yang harusnya kamu miliki sekarang; kemudian cukup Reduce Opacity layer sedikit seperti yang ditunjukkan di bawah, dan kita sekarang memiliki air yang tampak lebih seperti air :)


10. Bagaimana Menyesuaikan Pencahayaan
Langkah 1
Sekarang kita akan membuat New Layer yang akan kita gunakan untuk membuat beberapa pendar cahaya dan kilatan halus yang muncul dalam gambar. Jadi pertama-tama pilih Gradient Tool.

Pilih Gradient dari Gradient File.

Langkah 2
Dan dalam sebuah New Layer cukup tarik sepanjang gradien lingkaran besar.

Sekarang tentu saja kita akan melakukan Masking efek ini secara kreatif seperti dimana kita menginginkannya, jadi buat sebuah Mask untuk layer ini.

Jadi untuk mulai melakukan Masking kita memerlukan Soft Brush yang sangat besar seperti yang satu ini.

Kemudian pilih hitam dan mulai lakukan Masking pada layer seperti yang ditunjukkan di sini.

Langkah 3
Kemudian kurangi Brush Size sedikit menjadi sekitar 200px.

Dan terus kerjakan dengan bagaimana arus ringan muncul ke dalam gambar.

Sekarang mari ubah ke putih dan lakukan Mask dalam
beberapa yang kita sembunyikan. Seperti yang dapat kamu lihat ini
merupakan proses yang cukup sering berulang untuk mendapatkan efek yang
kita inginkan.

Jadi kita sekarang melakukan Masking dalam beberapa arus ringan seperti yang ditunjukkan di sini.

Kemudian kembali lagi ke warna hitam untuk melakukan masking dan menyesuaikan arus itu lagi.

Sekali lagi ini masalah selera pribadi mengenai seberapa banyak arus ringan yang kamu inginkan dalam gambar.

11. Bagaimana Menambahkan Penyorotan Lembut
Langkah 1
OK seperti yang dapat kamu lihat di sini saya telah mengelompokkan semua layer kerja, dan Adjustment Layers di luar group. Apa yang akan kita lakukan sekarang adalah Duplicate group.

Dan kemudian mari Merge Group sehingga kita memiliki layer gambar datar untuk dikerjakan.

Sekarang mari tarik layer gambar hasil ke posisi paling atas tumpukan.

Langkah 2
Kita sekarang akan menyesuaikan Levels untuk layer ini secara langsung; bukan sebuah adjustment layer. Jadi pergi ke Image Menu dan pilih Levels dari sini.

Sekarang di dalam Levels Dialog Box sesuaikan pengaturan seperti yang ditunjukkan di sini. Kamu dapat mengetikkan nilai untuk lebih tepat.

Bagus sekarang kita akan memerlukan Layer Mask lainnya jadi lanjutkan dan buat itu.

Langkah 3
Dan tentu saja kita hanya akan memerlukan layer terang ini untuk mempengaruhi bagian kecil pada gambar, jadi lanjutkan dan Fill pada Layer Mask dengan warna hitam sehingga itu menghilang.

Kemudian mari pilih Soft Brush kecil seperti yang satu ini.

Ubah warna ke putih.

Sekarang
di sini kita memiliki bagian ini tanpa pengerjaan pada layer ini dan di
bawah kamu dapat melihat dimana saya melukis dengan Mask beberapa sorotan halus.


Dan
di sini kamu dapat melihat teks tanpa sorotan dan pekerjaan yang telah
dilakukan di bawah dengan semua sorotan. Cara terbaik untuk merasakan
apa yang telah ditambahkan adalah membandingkan gambar atau lebih baik
lagi melihat video dimana kamu melihat semua tindakan yang terjadi.


12. Bagaimana Menambahkan Bayangan Akhir
Langkah 1
Untuk tahap terakhir ini apa yang perlu kita lakukan adalah
menambahkan beberapa bayangan yang dipantulkan pada air untuk
menyelesaikan tampilan pemandangan yang realistis. Kita akan melakukan
ini dengan layer Levels, jadi lanjutkan dan buat itu ditambah sesuaikan itu seperti yang ditunjukkan di sini.

Dan lagi karena kita tidak akan memerlukan pengaruh layer dimanapun selain beberapa bagian spesifik mari Fill pada Mask dengan hitam sehingga itu semua hilang.

Langkah 2
Sekarang mari kita pilih Soft Brush dan buat sekitar 17px.

Dan mulai lakukan Masking dalam beberapa bayangan seperti yang ditunjukkan di bawah.

Dan lanjutkan dengan bagian air ini dimana kita akan mendapatkan bayangan dari pengaturan cahaya akhir.

Langkah 3
Setelah kamu menempatkan semua bayangan sesuaikan layer Opacity dan atur Mode ke Multiply.

Dan itulah detail akhir teks 3D EARTH kita.

Gambar Akhir
Itulah bagian akhir jika kita
telah menyelesaikan teks 3D pada gambar dan membuatnya tampak keren dan
memadukannya, ini menyenangkan, semoga kamu juga merasakannya, seperti
biasa pastikan untuk mengirimkan saya email jika kamu memiliki
permasalahan dan juga untuk menunjukkan hasilmu. Terima kasih untuk
waktu dan dukunganmu, sampai jumpa di kali berikutnya.

Action Photoshop Premium Dari GraphicRiver
Ingin membuat efek teks yang menakjubkan tanpa bersusah payah? Maka download salah satu Photoshop Actions menakjubkan ini dari GraphicRiver untuk
membuat efek yang menakjubkan hanya dengan beberapa klik. Gunakan
action ini untuk mengubah desainmu dan periksa salah satu favorit kami
di bawah ini!
Grass Generator Action
Buat tekstur rumput realistis yang menakjubkan dengan action
Photoshop hebat ini. Action ini memungkinkanmu membuat sebuah efek
rumput 3D yang realistis yang dapat kamu terapkan pada teks atau bentuk
apapun dengan cepat dan mudah. Tercantum di dalam paket ini adalah semua
brush dan style ekstra yang kamu perlukan untuk membuat efek ini tampak
hidup!

Komentar
Posting Komentar