Code Menggunakan Media Sosial untuk Menemukan Lokasi Saksi Mata Kejadian-Kejadian Penting

Code

Menggunakan Media Sosial untuk Menemukan Lokasi Saksi Mata Kejadian-Kejadian Penting

 

Final product image 

 

 

Ini adalah bagian pertama serial dua bagian tentang menggunakan media sosial untuk menemukan lokasi saksi mata terkait even-even penting. Di tutorial ini, saya akan memandu Anda menggunakan Instagram API untuk menemukan pengguna Instagram yang mungkin berada di dekat syuting video Macklemore tahun 2013 dan kejadian kecelakaan di Seattle dekat tempat saya biasanya bekerja.
Di bagian kedua, saya akan menggunakan Twitter API untuk menemukan pengguna Twitter yang berada di sekitar even terbaru lainnya. Saya juga akan menunjukkan sejumlah isu privasi terkait media sosial dan berbagai geolokasi Anda. Anda bisa mengunduh kode untuk tiap episode dengan menggunakan tautan repository Github di sidebar. Anda mungkin juga tertarik dengan seri Tuts+ saya, Mengembangkan Dengan Twitter API.
Saya benar-benar akan berpartisipasi dalam diskusinya. Jika Anda ada pertanyaan atau saran untuk topik, silakan kirimkan di komentar di bawah ini. Anda juga bisa menghubungi saya di Twitter @reifman atau kirim email langsung ke saya.
Ponsel yang kita bawa di dalam saku, merekam setiap pergerakan kita, membagikannya kepada penyedia layanan selular dan seringkali juga pada perusahaan perangkat lunak pihak ketiga yang umumnya motivasinya berfokus pada keuntungan. Tetapi bukan hanya ponsel dan GPS yang mengekspos keberadaan kita—Saya hampir selalu melakukan pembelian dengan kartu kredit, mengekspos hampir setiap aspek kehidupan saya ke penyedia layanan kartu kredit, peretas, atau permintaan pengadilan.
Di kontes Vanish 2009 dari Wired, saya membantu memimpin penangkapan wartawan Evan Ratliff. Setelah menulis tentang orang yang memalsukan kematiannya, Ratliff mencoba untuk menghilang selama 30 hari sebagai bagian dari suatu eksperimen. Jika ada yang bisa menemukannya secara pribadi sebelum waktunya habis, dia akan menerima hadiah sebesar USD 5.000. Menggunakan aplikasi Facebook sebagai pot madu, saya berhasil memancing Ratliff untuk beberapa kali membagikan lokasinya melalui alamat IP, yang kemudian saya verifikasi dengan akunTwitter yang saya temukan itu digunakannya. Dengan bantuan partisipan Vanish yang lain di seluruh dunia, kami memanggil bantuan di lapangan di New Orleans—yang datang dalam bentuk toko pizza bebas gula (Ratliff dikenal sebagai seorang penderita celiac) yang berhasil melacaknya di kota. Dalam kisah tersebut, geotagging tidak digunakan untuk menemukannya tetapi geolokasi alamat IP. Anda juga bisa membaca cerita Ratliff di sini.
Tetapi aplikasi media sosial di ponsel cerdas kita seringkali menggunakan geotagging, meninggalkan jejak yang hampir tidak pernah disadari oleh pengguna.
Banyak orang tidak menyadari mereka meninggalkan geotag di aplikasi media sosial mereka, sepenuhnya mempublikasikan lokasinya tiap kali membuat kiriman di media sosial. Termasuk anggota Kongres dari Partai Republik, Aaron Schock. Anggota kongres ini menggunakan geotag akun Instagramnya untuk mengekspos penggunaannya akan dana pembayar pajak untuk membiayai penerbangan pribadinya yang mewah dan aktivitas glamor lainnya. Lihat Akun instagram mengeskpos anggota kongres yang menyalahgunakan dana publik untuk penerbangan pribadi dan konser.
Berikut adalah kiriman Instagram oleh Schock dari Patagonia—perhatikan ikon geotag di sebelah "Perito Moreno Glacier".
Congressman Aaron Shock at the Perito Moreno Glacier
Jadi, menginvestigasi geotag bisa digunakan untuk kebaikan. Di tutorial ini, saya akan mengeksplorasi bagaimana para wartawan atau penegak hukum mungkin bisa menemukan lokasi para saksi mata potensial terhadap kejadian seperti kejahatan atau kecelakaan dengan menggunakan media sosial.
Kendatipun demikian, geotagging juga bisa digunakan untuk kejahatan. Sebenarnya ada implikasi privasi yang penting terkait integrasinya ke dalam gaya hidup digital kita.
Ilmuwan komputer dan dosen Berkeley membuat aplikasi Ready or Not? untuk menunjukkan bagaimana geotagging di Twitter dan Instagram merekam setiap pergerakan kita. Baca juga Apakah Akun Twitter Anda Bicara Terlalu Banyak?
Berikut adalah akun Instagram anggota kongres Schock di aplikasi Ready or Not?
Congressman Aaron Shock Worldwide Travels - Ready or Not
Berikut adalah akun Twitter pendiri Apple Steve Wozniak di aplikasi tersebut. Menariknya anggota kongres ini bepergian lebih jauh daripada si konglomerat teknologi.
Steve Wozniaks Travels on Twitter - Ready or Not
Geotagging di Instagram dan Twitter cukup akurat untuk memungkinkan seseorang dengan mudah menentukan rumah, tempat kerja, dan rutinitas perjalanan Anda.
Jika Anda tidak ingin membagikan lokasi Anda untuk dilihat publik, atau meninggalkan jejak sejarah perjalanan Anda, aplikasi Ready or Not? menawarkan tautan dan panduan untuk menonaktifkan fitur tersebut (cari tautannya di home pagenya). Jujur saja, saya mematikan fitur saya dan saya mendorong Anda untuk melakukan hal yang sama.
Untuk yang tidak melakukannya—dan kebanyakan tidak akan melakukannya—kiriman media sosial mereka mungkin berguna bagi penegak hukum yang mencari saksi mata untuk kejadian kejahatan atau wartawan yang ingin menggali cerita lebih dalam. Saya akan memberikan petunjuk pada Anda tentang cara melakukannya.
Di episode ini, saya akan memandu Anda menggunakan Instagram API. Saya telah menyediakan tautan ke repository GitHub (ada di sidebar) untuk Anda unduh agar bisa mencoba kodenya. Aplikasi saya "Eyewitness" ditulis dalam framework Yii untuk PHP, yang bisa Anda pelajari lebih lanjut di seri saya Pemrograman dengan Yii2.
Proses konfigurasinya mensyaratkan Anda untuk mendaftar akun developer dan aplikasi dengan Instagram (dan/atau Twitter).
Jika Anda adalah badan penegak hukum atau entitas media yang menginginkan lebih banyak informasi, jangan ragu untuk menghubungi saya secara langsung. Saya juga tertarik pada pemanfaatan yang sukses dari kode ini (untuk kebaikan)—hal itu akan membuat kisah tindak lanjut yang menarik.
Mari memulai dengan Instagram. Jika Anda belum punya akun Instagram, unduh aplikasinya di telepon Anda dan mendafarlah.
Pencarian geolokasi di Instagram cukup canggih dan menawarkan antar muka yang langsung ke tujuan untuk maksud kita. Sebagaimana bisa Anda lihat di bawah ini, kita harus menyediakan garis lintang dan garis bujur lokasi, suatu radius geografis (jarak) dan kisaran waktu (min_timestamp dan max_timestamp):
Instagram Media Search
Kunjungi halaman Instagram API untuk pengembang dan klik Register Your Application:
Instagram Hello Developers
Anda harus mendaftar untuk akun pengembang:
Instagram Developer Signup
Lalu Anda bisa mendaftarkan aplikasi baru untuk menerima ID klien Anda:
Instagram New Client Registration
Di dasbor Manage Clients, Anda akan melihat Client ID Anda dan Client Secret, jadi catatlah hal-hal tersebut:
Instagram Manage Clients
Anda bisa mengkloning repository GitHub yang terletak di sidebar untuk menjalankan sampel kode kami.
Anda harus mengonfigurasi konfigurasi lokal Apache Anda. Saya menggunakan MAMP, jadi akan terlihat seperti ini:
Anda harus membuat database secara lokal. Saya menggunakan PHPMyAdmin untuk membuat secara grafis:
Create your Eyewitness database
Lalu saya membuat suatu inisialisasi file di /var/secure/eyew.ini dengan kredensial database dan ID serta kunci Instagram saya. Baru-baru ini saya menjelaskan proses ini di tutorial Tuts+ saya yang lain: Melindungi Kunci Anda dari GitHub. Lucunya, saya tidak sengaja memasukkan kunci Instagram saya selama pengujian (huffh) dan harus menyetel ulang kuncinya setelah itu.
File ini saya akan terlihat seperti ini:
Perbarui Composer Anda dan library vendornya:
Lalu inisialisasi databasenya. Migrasi mertama memasang tabel pengguna untuk Yii2-User kami dengan ekstensi developer Dmeroff, dan yang kedua membuat tabel khusus untuk aplikasinya.
Sekali lagi, Anda bisa belajar lebih banyak tentang mengatur suatu aplikasi Framework Yii di seri saya Pemrograman Dengan Yii2 untuk Tuts+.
Berikut adalah tampilan yang seharusnya Anda lihat ketika mengunjungi situsnya di peramban Anda:
Eyewitness Home Page
Momen adalah tempat dan waktu yang di situ kita mencari pengirim media sosial yang hadir. Isinya adalah penjelas yang ramah, lokasi (garis lintang dan garis bujur), waktu mulai dan durasi waktu (dalam satuan menit). Untuk contoh pertama saya, yang dicari adalah pengguna Instagram yang berada di sekitar syuting video Macklemore pada malam hari Rabu, 24 Juli 2013 di ikon Seattle Dick's Drive In. Produksi video dan kerumunan yang terjadi menutup area tesebut selama beberapa jam.
Dengan menggunakan Google Maps, saya bisa mendapatkan garis lintang dan garis bujur Dick's. Yaitu 47.6195 -122.321.
Dicks Drive In Broadway Seattle GPS in Google Maps

Dari artikelnya, saya mempelajari bahawa produksi tutup pada pukul 1 dini hari. Saya akan memilih waktu mulai jam 10 malam dan durasi selama 1 jam.
Create a Moment
Instagram menerima waktu mulai dalam GMT, jadi saya mengunci kodenya dengan penyesuaian delapan jam dari zona waktu saya (PST). Mungkin Anda harus mengubah ini di dalam kodenya.
Untuk mencari di Instagram, kita mengklik ikon kamera di bawah ini:
The Moments Index Grid
Untuk mengimplementasikan pencarian media saya di Instagram, saya menggunakan paket PHP Instagram Galen Grover's. Pencarian sesungguhnya lumayan langsung ke tujuan: $instagram->searchMedia( $this->latitude, $this->longitude,$params );
Hasilnya disimpan di dalam tabel Gram saya, yang selanjutnya bisa kita jelajahi:
Berikut adalah halaman pertama dari pencarian saya. Anda bisa melihat kerumunan dan limosin Cadillac Macklemore berjalan. Jelas, saya mendapat jackpot dari pencarian saya.
Macklemore Search Results
Lalu di halaman tiga, seorang pengguna Instagram bernama Joshua Lewis mendapat foto Macklemore keluar dari Cadillac:
More Macklemore Search Results
Berikut ini adalah Macklemore:
Macklemore Arrives on Instagram
Contoh ini dengan jelas menunjukkan kekuatan pencarian Instagram yang diberikan oleh API. Hanya dalam beberapa momen, kami menemukan beragam saksi mata kejadian pada musim panas tahun 2013 tersebut. Luar biasa.
Jika Anda tertarik, berikut video YouTube syuting Macklemore tersebut:
Untuk contoh saya yang kedua, saya akan mencari pengguna Instagram yang ada di area sekitar suatu kecelakaan tragis dekat tempat saya bekerja beberapa pekan lalu. Skuter motor seorang perempuan mungkin mengalami kerusakan fungsi dan dia kehilangan kontrol, lalu menabrak bagian belakang sebuah mobil yang melintas (untungnya dia selamat). Peristiwa itu terjadi di depan Starbuck "Roastery", perangkap bagi turis yang tidak beruntung di Seattle (saya bukan penggemarnya).
Dengan menggunakan Google Maps, kita bisa melihat koordinat GPS roastery itu 47.614264, -122.328008:
Starbucks Roastery in Seattle GPS in Google Maps
Artikel tersebut memberitahu kita bahwa kecelakaan terjadi sekitar jam 5 sore. Jadi kita gunakan informasi ini untuk membuat Momen kita:
Create a Second moment
Di sini Anda bisa melihat kedua momen yang telah kami tambahkan:
List of Your Moments
Jika Anda ingin tahu, ikon penghapus akan membersihkan hasil terakhir untuk pencarian momen itu.
Berikut adalah hasil pencarian kami tentang kecelakaan Starbucks Roastery. Tidak ada seorangpun mengirimkan foto kejadian kecelakaan—yang banyak adalah kiriman biasa. Meskipun demikian, semua pengguna Instagram tersebut ada di area itu pada waktu itu dan mungkin bernilai untuk dihubungi sebagai saksi.
Instagram Media Search for Starbucks Roastery Accident
Beberapa adalah turis, seperti perempuan Rusia ini—saya mengirimkan terjemahan Google kiriman Instagramnya di bawah ini:
Instagram Media Search for Starbucks Roastery Accident Russian Tourist
Yang lainnya mengunjungi ruang untuk mencicipi di Starbucks roastery atau bar di dekatnya dan restoran tiram.
Saya harap Anda bisa melihat sisi gelap dan sisi terang  teknologi geotagging. Ada kegiatan yang jelas-jelas sah dalam menggunakan teknologi tersebut untuk kebaikan, dan secara jelas juga bisa disalahgunakan.
Advertisement
Di episode berikutnya, kami akan mengimplementasikan pencarian momen dengan menggunakan Twitter API.
Sementara itu, jangan ragu mengirimkan pertanyaan Anda dan komentar di bawah ini. Anda juga bisa menghubungi saya di Twitter @reifman atau langsung saja email saya. Secara khusus saya akan mengapresiasi untuk mendengar dari para wartawan dan penegak hukum yang memanfaatkan contoh-contoh ini.
Anda juga bisa melihat-lihat halaman instruktur Tuts+ saya untuk melihat tutorial lainnya yang telah saya tulis.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Cara Trendi/Kekinian dalam Membuat Efek Foto Artistik dengan Photoshop Actions

Cara Membuat Logo Mockup Ukiran kayu di Adobe Photoshop

Design Bagaimana Menggambar Minion di Adobe Illustrator